Ontologi Dakwah

Ontologi berasal dari dua kata on dan logi artinya ilmu tentang ada. Ontologi adalah teori tentang ada dan realitas (Musa Asy’ari, 1992: 18). Meninjau persoalan secara ontologi adalah mengadakan penyelidikan terhadap sifat dan realitas. Jadi ontologi adalah bagian dari metafisika yang mempelajari hakikat dan digunakan sebagai dasar untuk memperoleh pengetahuan atau dengan kata lain menjawab pertanyaan apakah hakikat ilmu itu.
Sedangkan kata dakwah berasal dari bahasa arab “Da’a – Yad’u – Da’wan” yang artinya mengajak, menyeru.Secara istilah dakwah dapat diartikan sebagai mengajak manusia untuk mengerjakan kebaikan dan mengikuti petunjuk, menyuruh mereka berbuat baik, dan melarang mereka dari perbuatan buruk.
Ontologi meliputi permasalahan apa hakikat ilmu itu, apa hakikat kebenaran dan kenyataan yang inbern dengan pengetahuan yang tidak terlepas dari persepsi kita tentang apa dan bagaimana ilmu itu (Fathul Mufid, 2008: 65).
Berbicara mengenai ontologi dakwah, ada tiga hal mendasar yang harus dilihat secara cermat, yakni: (1) Manusia sebagai pelaku dan penerima dakwah; (2) Islam sebagai pesan dakwah yang disampaikan kepada manusia; (3) Hidayah sebagai faktor diluar rekayasa manusia atau Dakwah itu sendiri

Related Posts:

0 Response to "Ontologi Dakwah"

Post a Comment